Tips Mengatasi Darah Rendah

Tekanan darah rendah sebenarnya bukan lah termasuk penyakit berbahaya, namun penyakit ini jika semakin terus berlanjtut pada keadaan yang cukup parah  atau berat akan menganggu rutinitas sehari-hari dan membuat tubuh merasa cepat lelah dan mudah terserang penyakit. Gejala dari tekanan darah rendah seperti mudah lelah, tidak mampu berdiri atau duduk terlalu lama, mata sering berkunang-kunang, sering merasa pusing atau sakit kepala dsb.

Tekanan darah rendah yang ditandai dengan beberapa gejala seperti diatas, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :

1. Dehidrasi
2. Efek samping obat seperti alkohol, anxiolytic, beberapa antidepresan, diuretik, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner, analgesik
3. Masalah jantung seperti perubahan irama jantung (aritmia), serangan jantung, gagal jantung
4. Kejutan emosional, misalnya syok yang disebabkan oleh infeksi yang parah, stroke, anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam nyawa dan trauma hebat
5. Perdarahan, dll. Jika mengalami perdarahan dan sampai pingsan, maka disarankan untuk konsultasi pada dokter spesialis agar hipotensi tidak semakin menganggu.
6. Menderita diabetes tingkat lanjut.

Hipotensi dapat diobati dengan mengatur pola hidup yang sehat sebagai salah satu upaya mengobati darah rendah, diantaranya :

1. Sakit darah rendah jika terjadi pada seseorang yang memiliki kondisi badan sehat dan tidak menimbulkan gejala atau masalah tidak memerlukan perawatan.

2. Jika menimbulkan atau mengalami gejala-gejala yang seperti disebutkan diatas, mungkin diperlukan perawatan atau pengobatan namun tergantung dan dilihat dari penyebabnya.

3. Jika hipotensi atau tekanan darah rendah ortostatik yang disebabkan oleh efek samping penggunaan obat-obatan, maka dokter akan mengurangi atau mengganti dosis dari obat yang biasa dikonsumsi. Namun hal yang perlu diingat tetap berkonsultasi dengan dokter terkait. Pengobatan lainnya untuk hipotensi ortostatik adalah dengan menambah cairan utnuk mengobati dehidrasi atau dengan menggunakan selang elastis untuk meningkatkan tekanan darah di bagian bawah tubuh.

4. Mereka yang menderita hipotensi jenis NMH harus menghindari pemicu, seperti berdiri untuk waktu yang lama. Pengobatan lain melibatkan banyak minum air mineral dan meningkatkan jumlah garam dalam makanan. (Pengobatan ini harus atas rekomendasi dokter karena terlalu banyak garam juga dapat berbahaya bagi kesehatan).

5. Hipotensi akut yang disebabkan oleh syok adalah kedaruratan medis. Anda mungkin akan diberi transfusi darah intravena, obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah dan kekuatan jantung, serta obat lainnya seperti antibiotik.

Tips lainnya dari pengobatan hipotensi atau tekanan darah rendah, diantaranya adalah :

1. Sebagian besar wanita ketika mengalami menstruasi beberapa diantaranya ada yang mengalami menstruasi yang mengeluarkan darah secara berlebihan sehingga terkadang membuat kondisi atau keadaan tubuh menjadi tidak fit. Darah menstruasi yang keluar secara berlebihan akan mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh. Hal ini disebabkan wanita memiliki kebutuhan zat besi yang lebih banyak dibanding dengan pria. Oleh karena disarankan untuk beberapa wanita mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi dan berkonsulatasi jika inigin mengkonsumsi suplemen penambah darah saat menstruasi.

2. Jika orang tua atau mereka yang berusia lanjut memiliki hipotensi atau darah rendah untuk selalu mendampigi orang tua. Mereka yang berusia lanjut dan memiliki darah rendah dapat menimbulkan risiko yang lebih tinggi terhadap suatu serangan penyakit, hal ini disebabkan oleh kondisi fisik yang kian menurun serta fungsi organ tubuh yang tidak dapat bekerja semaksimal mungkin untuk melindungi tubuh.

3. Jika merasakan keadaan tubuh sedang tidak fit atau tiba- tiba mengalami gejala tekanan darah rendah seperti tiba-tiba mata berkunang-kunang saat beranjak bangun dari tempat duduk. Maka segeralah untuk berbaring atau duduk kemabli untuk mengembalikan kerja jantung lebih optimal dalam memompa darah.

4. Jika tekanan darah rendah menyebabkan seseorang pingsan, segeralah cari perawatan medis. Jika orang tersebut tidak bernafas, segeralah lakukan pertolongan bantuan pernafasan.

5. Konsumsi sumber makanan yang mengandung banyak zat besi, vitamin, asam folat dan penuhi sumber gizi lainnya, seperti buah jeruk, mangga, pisang, wortel, bayam, katuk, serta buah lainnya yang banyak mengandung vitamin C dan zat besi.


=====================================

>>> Obat Darah Rendah Untuk Mengatasi dan Mengobati Penyakit Darah Rendah Serta Menormalkan Tensi Darah, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Darah Rendah, Obat Darah Rendah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>